SELAMAT DATANG DI WEBSITE SKP KELAS I MERAUKE --- PIMPINAN & STAF SKP KELAS I MERAUKE MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri" Pengguna Jasa yang Rutin, Harap Lakukan Pendaftaran di Aplikasi Permohonan Pemeriksaan Karantina Online --- Bersama Anda Melindungi Negeri --- Profesional, Tangguh, Terpercaya

Prosedur Pengaduan



Prosedur Pengaduan 

Mekanisme pengelolaan pengaduan masyarakat di SKP Kelas I Merauke sebagaimana diatur dalam Peraturan Meneri Pertanian Nomor 77/Permentan/OT.140/8/2013 adalah sebagai berikut :

  1. Masyarakat menyampaikan pengaduan dengan mengisi formulir pengaduan masyarakat (Formulir-1) atau secara online melalui aplikasi (klik link : Pengaduan Masyarakat)
  2. Informasi dumas disampaikan oleh pelapor seperti tercantum dalam Formulir-1 paling kurang memuat: a) Nama, alamat lengkap, dan Nomor Induk Kependudukan; b) Uraian pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan; c) Sumbang pikiran/saran/gagasan/permintaan penyelesaian masalah yang diajukan; dan d) Tempat, waktu penyampaian, dan tanda tangan. 
  3. Dumas harus disertai dengan bukti-bukti sebagai pendukung dumas. 
  4. Dalam hal materi dumas tidak lengkap, pelapor melengkapi materi dumas paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja terhitung sejak dumas diterima oleh penyelenggara. 
  5. Dalam hal berkas dumas tidak dilengkapi dalam waktu sebagaimana tersebut dalam huruf c, pelapor dianggap mencabut dumas
  6. Dalam hal dumas tidak dilakukan secara langsung agar dumas termasuk dalam klasifikasi dumas yang bertanggungjawab, maka pelapor diharuskan memenuhi ketentuan sebagaimana tersebut pada No. 2.
  7. Petugas menerima formulir Pengaduan Masyarakat (Dumas) yang telah diisi, dalam waktu 1 hari kerja
  8. Unit Pelaksana Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (UPP-Dumas) SKP Kelas I Merauke menentukan klasifikasi pengaduan : a) Pengaduan yang tidak berkadar pengawasan, atau b) Pengaduan yang berkadar pengawasan, dalam waktu 1 hari kerja
  9. UPP Dumas SKP Kelas I Merauke menyampaikan pengaduan yang berkadar pengawasan kepada UPP Dumas Tingkat Kementerian Pertanian, dalam waktu 1 hari kerja
  10. UPP Dumas SKP Kelas I Merauke menyampaikan pengaduan yang tidak berkadar pengawasan kepada UPP Dumas Tingkat Badan Karantina Pertanian, dalam waktu 1 hari kerja
  11. UPP Dumas SKP Kelas I Merauke menyelesaikan pengaduan yang tidak berkadar pengawasan, dalam waktu 14 hari kerja
  12. Pimpinan unit kerja melaksanakan pemantauan penyelesaian Dumas, dalam waktu 14 hari kerja
  13. UPP Dumas SKP Kelas I Merauke memberikan informasi kepada masyarakat/ pelapor terhadap penyelesaian Dumas, dalam waktu 1 hari kerja
  14. UPP Dumas SKP Kelas I Merauke menyusun dan menyampaikan laporan kepada UPP-Dumas tingkat Kementerian Pertanian dengan tembusan kepada Kepala Badan Karantina Pertanian, dan mendokumentasikan hasil penyelesaian Dumas, dalam waktu 1 bulan kerja.