SELAMAT DATANG DI WEBSITE SKP KELAS I MERAUKE --- PIMPINAN & STAF SKP KELAS I MERAUKE MENOLAK SUAP, PUNGLI & GRATIFIKASI DALAM BENTUK APAPUN -- "Bersama Anda Melindungi Negeri" Pengguna Jasa yang Rutin, Harap Lakukan Pendaftaran di Aplikasi Permohonan Pemeriksaan Karantina Online --- Bersama Anda Melindungi Negeri --- Profesional, Tangguh, Terpercaya
Sabtu, 30 Mei 2020 - 07:38

Ikut Sukseskan Panen Raya Jelang Puasa Ramadan

Merauke – Menjelang bulan suci Ramadan, petani di Kabupaten Merauke mendapat keberkahan dengan tibanya musim panen padi. Patut disyukuri karena Merauke memiliki topografi dataran yang luas dan subur, sehingga memungkinkan panen padi dilakukan secara serentak.
.
Kamis (23/4), Bupati Merauke, Frederikus Gebze, bersama pimpinan instansi/dinas terkait menghadiri panen raya di Kampung Muram Sari, Distrik Semangga, Merauke. Panen padi varietas Inpari-42 ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi Harga Pembelian Pemerintan Gabah Kering Giling dan dengar pendapat permasalahan di tingkat petani.
.
“Pertama, kita perlu mengintensifkan manajemen pertanian modern, perlu pemetaan dan zonasi sawah, mana-mana saja yang cocok ditanami dengan varietas tertentu.
.
“Kedua, hasil panen selama ini harus memenuhi kebutuhan bagi sekitar 300.000 penduduk Merauke, baru kita bisa bisa distribusikan ke wilayah lain di wilayah Papua, Papua Barat, bahkan Maluku dan NTT.
.
“Ketiga, soal kualitas, berapa standar beras yang kita punya sehingga bisa menjadi komoditas unggulan ekspor,” terangnya di hadapan para petani.
.
Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman SP., yang turut hadir menyampaikan jika beras asal Merauke berpotensi kembali diekspor.
.
Dari data IQFAST tahun 2019, di PLBN saja beras menuju Papua New Guinea mencapai 5 ton. Melalui program Kostratani dan Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks), Kementerian Pertanian terus mendorong ekspor produk pertanian” imbuhnya.

Ikut Sukseskan Panen Raya Jelang Puasa Ramadan | Berita | SKP Kelas I Merauke